Perwakilan Subgar 0509/Kabupaten Bekasi Melaksanakan Upacara Pemakaman Militer untuk Mayjen TNI (Purn) Mangatas Panjaitan

 

Subgar 0509/Kabupaten Bekasi Mengikuti Upacara Pemakaman Militer untuk Mayjen TNI (Purn) Mangatas Panjaitan
Foto : Upacara Pemakaman Militer Mayjen TNI (Purn) Mangatas Panjaitan

Kabupaten Bekasi bpanbanten.com || Perwakilan Subgar 0509/Kabupaten Bekasi, dipimpin oleh Pasi OPS Kapten Inf Adi. Y, telah melaksanakan upacara pemakaman militer untuk Mayjen TNI (Purn) Mangatas Panjaitan, S.H., M.H., yang merupakan mantan Pati Mabes TNI. Upacara ini berlangsung dengan khidmat dan penuh penghormatan sebagai bentuk penghargaan terakhir bagi seorang pahlawan bangsa.

Perwakilan Subgar 0509/Kabupaten Bekasi Melaksanakan Upacara Pemakaman Militer untuk Mayjen TNI (Purn) Mangatas Panjaitan


Mayjen TNI (Purn) Mangatas Panjaitan adalah seorang prajurit yang berdedikasi tinggi dan memiliki jasa yang besar dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Beliau memiliki pangkat Mayjen TNI (Purn) dan pernah bertugas di Mabes TNI. Lahir di Sitorang pada tanggal 21 Oktober 1950, beliau wafat pada usia 73 tahun. Mangatas Panjaitan menganut agama Kristen.


Dalam pengabdiannya, Mayjen TNI (Purn) Mangatas Panjaitan telah menerima beberapa tanda jasa yang menggambarkan keberanian dan dedikasinya terhadap negara. Beberapa tanda jasa yang diterimanya antara lain Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, serta Satya Lancana Kesetiaan selama 8, 16, dan 24 tahun.


Kasubgar 0509/Kabupaten Bekasi, Kapten Cpm Tantowi, melalui Pasi Ops Subgar 0509/Kabupaten Bekasi, salah satu tugas Sub Kogartap 0509/Kabupaten Bekasi adalah melaksanakan pemakaman militer. "Dalam hal ini, Subgar 0509/Kabupaten Bekasi turut bertanggung jawab dalam mengatur dan melaksanakan upacara pemakaman militer untuk Mayjen TNI (Purn) Mangatas Panjaitan". Ujar Kapten Adi. Y. 


Pemakaman dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 21 Maret 2024, pukul 13.00 WIB. Prosesi pemakaman dimulai dengan keberangkatan dari Rumah Duka RSPAD Gatot Soebroto pada pukul 11.00 WIB menuju Taman Makam Bahagia Utama (TMBU) Sandiego Hills, Kerawang.


Irup Upacara pemakaman dipimpin oleh Marsda TNI Haryo Kusworo, S.H., M.H., yang menjabat sebagai Kadilmitama.  di pemakaman ini dilaksanakan dengan khidmat dan penuh penghormatan terhadap jasa dan pengabdian Mayjen TNI (Purn) Mangatas Panjaitan. Letda Czi Andreas bertindak sebagai Danton Pashor dalam upacara pemakaman ini.


Seluruh rangkaian upacara pemakaman dilaksanakan dengan lancar dan aman. Setelah selesai, upacara pemakaman ini berakhir pada pukul 13.20 WIB. Kepergian Mayjen TNI (Purn) Mangatas Panjaitan merupakan duka yang mendalam bagi keluarga, teman, dan rekan-rekan di lingkungan militer. Semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kehilangan ini.


 ( Pen Subgar 0509 )

0 Komentar