Tidak Bosan Petani Gotong Royong Perbaiki Daerah Irigasi (DI)Cipanas Yang Rusak

Tidak Bosan Petani Gotong Royong Perbaiki Daerah Irigasi Cipanas Yang Rusak

Tidak Bosan Petani Gotong Royong Perbaiki Daerah Irigasi Cipanas Yang Rusak

Lebak - bpanbanten.com || Demi kebutuhan air untuk mengairi persawahannya ratusan petani didesa-desa kecamatan Cipanas tidak bosan untuk bergotong royong lakukan perbaikan sekemampuananya saluran Irigasi Cipanas yang kondisinya sudah lama rusak.Kamis (23/05/2024) 

Ahmad salah seorang petani asal desa Cipanas di lokasi kegiatan mengatakan bahwa,  kegiatan gotong royong para petani untuk lakukan perbaikan saluran irigasi Daerah Irigasi Cipanas sering dilaksanakan hal tersebut agar pasokan air dari hulu irigasi yang berada di desa  Banjar Irigasi kecamatan Lebak gedong bisa sampai pada lahan pertanian di desanya.

"Kerusakan pada saluran Irigasi DI Cipanas sudah parah dan terjadi sejak lama, maka agar pesawahan tetap terairi maka kami selalu bergotong royong ", katanya.

Adapun kerusakan pada saluran irigasi (DI) Daerah Irigasi Cipanas sebagian besar terletak pada temboknya yang sudah rusak termakan usia sehingga banyak yang jebol bocor serta terjadinya pendangkalan akibat banjir bandang tahun 2020 lalu. dan agar air tidak terbuang sia-sia maka setiap gotong royong kami lakukan perbaikan kembali secara seadanya dengan menggunakan karung-karung berisi tanah.

"Kami harap pemerintah segera lakukan perbaikan dan pengerukan kembali saluran Di Cipanas tersebut dengan segera agar kami bisa kembali menggarap sawah-sawah kami",tukas dia. 

Sementara Abdulloh selaku Korwil UPT.Pertanian kecamatan Cipanas disela kesibukannya mengakui bahwa belasan hektar pesawahan yang sumber airnya tergantung dari DI Cipanas yaitu pesawahan di desa Cipanas, desa Luhur Jaya dan Desa Sipayung, sebagian besar sudah rusak dan tidak bisa ditanami padi lagi.

"Akibat kerusakan pada saluran irigasi utama tersebut membuat pesawahan mati tidak bisa digarap lagi dan sudah terjadi lebih dari lima tahun salah satunya terjadi diDesa Sipayung", terang dia.

Berdasarkan kondisi tersebut ia berharap adanya perbaikan baik itu saluran sekunder maupun primernya di saluran Irigasi DI Cipanas, agar pesawahan didesa-desa tersebut bisa kembali terairi dengan baik.

"Mudah-mudahan segera ada perbaikan dan pengerukan pada saluran irigasi DI Cipanas itu",  Harap dia.(Fik)

0 Komentar